Kamis, 20 Oktober 2011

Pertanyaan yang dikembangkan guru di dalam RPP pada saat merencanakan open lesson

Oleh:
Sri Anggraeni
Jurusan Pendidikan Biologi –FPMIPA – UPI
Anggraeni_said@yahoo.co.id

“Question well is teaching well”. Dengan mempelajari jenis pertanyaan yang dikemukakan guru pada saat merencanakan pembelajaran dapat diketahui model dan pendekatan pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk melihat orientasi pembelajaran IPA yang dilaksanakan pada saat open lesson di grup H (Darmaraja) Sumedang. Sebanyak 19 Rencana Pembelajaran ditelaah jenis pertanyaan dan kegiatan yang mengantarkan pertanyaan tersebut. Hasilnya memperlihatkan pembelajaran fisika lebih banyak menggunakan pertanyaan yang bersifat proses, keterampilan berpikir tingkat tinggi, dan terbuka dibanding kimia dan biologi. Pembelajaran fisika lebih berorientasi pada pemecahana masalah, inkuiri, dan induktif. Jenis pertanyaan yang dikembangkan guru terdiri dari pertanyaan pengetahuan (factual,konseptual, dan procedural) dan jenis pertanyaan proses kognitif (observasi, prediksi, intrepretasi, inferensi, klasifikasi, dan aplikasi. Penyebaran pertanyaan lebih bersifat konvergen (>87%) daripada divergen (<13%). Guru masih kesulitan untuk mengembangkan pertanyaan yang bersifat divergen. Nampaknya pertanyaan yang dikembangkan guru ada hubungannya dengan orientasi/ metoda pembelajarannya. Metode pembelajaran yang bersifat eksperimental atau investigative akan menurunkan pertanyaan –pertanyaan yang mengarahkan pada keterampilan berpikir. Pada umumnya pertanyaan observasi, interpretasi, dan prediksi yang dikembangkan guru pada kegiatan apersepsi diajukan setelah kegiatan demonstrasi atau observasi. Pertanyaan yang diajukan setelah kegiatan tersebut lebih kaya, beragam, dan mempunyai fungsi menarik perhatian dan merangsang ingin tahu siswa. Pertanyaan pada saat apersepsi sangat menentukan apalagi jika jawabannya harus dicari dan ditemukan siswa dalam kegiatan inti.
Selengkapnya silakan download di:

http://www.ziddu.com/download/16928830/Pertanyaanopenlesson_2.pdf.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar